Kota Madinah yang penuh berkah ini telah dimuliakan oleh Allah SWT dan diberi berbagai keutamaan. Allah SWT menjadikannya sebagai tempat terbaik setelah Mekkah. Yang menunjukkan keutamaan Mekkah atas Madinah ialah sabda Rasulullah SAW ketika Beliau diusir dari Mekkah dan hijrah menuju Madinah.

Rasulullah SAW    bersabda kepada Mekkah: “Demi Allah! Sesungguhnya kamu merupakan bumi Allah yang terbaik, tempat yang paling dicintai oleh Allah. Seandainya aku tidak diusir darimu niscaya aku tidak akan keluar darimu. (HR. At-Tirmizdi dan Ibnu Majah)

Cuaca di Kota Madinah saat musim panas, sangatlah panas dan begitu sebaliknya saat di musim dingin. Namun, Rasulullah SAW menganjurkan agar bersabar dengan beratnya kehidupan di Kota Madinah.

Kemudian keutamaan yang berikutnya adalah Rasulullah SAW menganjurkan agar penduduk Madinah bersabar atas kesusahan dan beratnya kehidupan di kota Madinah.

Rasulullah SAW bersabda, “Kota Madinah lebih baik bagi mereka seandainya mereka mengetahui. Tidaklah seseorang meninggalkan kota Madinah karena benci kepadanya, kecuali Allah akan menggantikannya dengan orang yang lebih baik darinya, dan tidaklah seseorang tetap tegar atas kesusahan dan kesulitan kota Madinah, niscaya aku akan menjadi saksi dan pemberi syafa’at baginya pada hari kiamat.” (HR. Imam Muslim)

Madinah merupakan kota Suci kedua setelah kota Mekkah. Biasanya dijadikan perjalan terakhir saat membeli paket Umrah. Dan disini lah jamaah semua berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat yang sunnah maupun yang wajib. Untuk mengetahui Amalan Utama apa saja, mari kita baca Tujuh Amalan Utama saat berada di Madinah dibawah ini :

1. Salat di Masjid Nabawi

Hasil gambar untuk sholat di masjid nabawi

Masjid Nabawi yakni pesona utama atau bisa dibilang tujuan utama setiap umat yang berada di Madinah. Banyak sekali yang harus kita lakukan disini terutama Salat. Banyak jamaah umroh yang datang kesini untuk melakukan ibadah solat wajib maupun sunnah. Maka dari itu, pastikan lakukan solat di Masjid Nawabi ini.

Sabda rasul: “Satu salat di masjidku ini, lebih baik dari pada seribu salat di tempat lain, kecuali Masjidil haram.

2. Shalat Arbain

Hasil gambar untuk shalat arbain

Terdapat amalan salat lain yang bisa dikerjakan di Masjid Nabawi, yaitu Salat Arbain. Salat ini merupakan salat berjamaah yang harus dilakukan secara terus menerus selama 40 kali berturut-turt dalam 8 hari. Biasanya Salat ini dilakukan pada jamaah yang membeli paket Arbain atau bisa dibilang lebih lama bermalam di Madinah daripada di Mekkah.

3. Ibadah di Raudhah

Hasil gambar untuk ibadah di raudhah

Beribadah di Raudhah bisa dengan melakukan salat sunah, berdzikir, dan membaca Alquran. Untuk salat wajib, diutamakan untuk melakukannya di saf-saf di depan Raudhah yang lebih utama.

4. Jihad di Masjid Nabawi

Hasil gambar untuk JIHAD DI MASJID NABAWI

Sesuai dengan sabda Rasulullah Saw yang berbunyi: “Barang siapa mendatangi masjidku ini, ia tidak datang kecuali untuk kebaikan yang ingin dia pelajari atau diajarkan, maka kedudukannya seperti mujahid di jalan Allah. Dan barangsiapa datang untuk selain itu, maka ia laksana orang yang hanya memandang barang orang lain.” [HR. Ibnu Majah]

5. Berziarah ke Makam Rasulullah SAW

Gambar terkait

Ziarah ke makam Rasulullah SAW bermaksud untuk mendoakan dan mengirimkan sholawat kepada beliau. Dilarang untuk menjadikan makam beliau sebagai tempat memohon atau meratap.

6. Salat di Masjid Quba

Hasil gambar untuk solat di masjid quba madinah

Hadis Rasulullah SAW yang menyebutkan tentang kemuliaan Masjid Quba ini berbunyi: “Barang siapa bersuci di rumahnya, lalu mendatangi Masjid Quba dan salat di sana satu salat, ia mendapatkan pahala seperti pahala umrah.” [HR. Ibnu Majah]

7. Selalu Bersabar Menghadapi Cuaca di Madinah

Hasil gambar untuk cuaca di madinah

Cuaca dan suhu Kota Madinah yang berbeda dengan Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi para jamaah umroh dalam melakukan amalan-amalan di sana. Oleh karena itu, tetaplah bersabar untuk dapat mendapatkan kemuliaan di mata Allah SWT.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *